dc.contributor.author | Danishwara, Fata Abisha Sefian | |
dc.date.accessioned | 2024-06-27T02:47:47Z | |
dc.date.available | 2024-06-27T02:47:47Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/50463 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini mengkaji bentuk ganti rugi yang dapat diminta pihak bengkel
terhadap konsumennya yang melakukan wanprestasi, serta bagaimana upaya
hukum yang dapat dilakukan oleh pihak bengkel terhadap konsumennya yang
melakukan wanprestasi. Hal ini tergambar dalam kasus yang dialami oleh salah satu
pelaku usaha bengkel di Yogyakarta berdasarkan hasil wawancara oleh penulis
terhadap pemilik usaha. Metode penelitian yang digunakan menggunakan jenis
penelitian hukum yuridis normatif yang menekankan pada bahan pustaka, seperti
peraturan perundang-undangan, buku, hasil seminar dan jurnal penelitian yang
berhubungan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan melalui peraturan perundang-undangan. Teknis analisis dalam penelitian
ini yaitu deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan
menunjukan bahwa ganti rugi yang dapat dimintakan pihak bengkel ke pihak
konsumen diatur dalam Pasal 1246 KUHPerdata bentuk ganti rugi yang dapat di
mintakan meliputi ganti biaya, rugi dan bunga. Upaya hukum yang dapat dilakukan
pihak bengkel terhadap pihak konsumen yang melakukan wanprestasi dapat
ditempuh melalui litigasi (pengadilan) dan non litigasi (diluar pengadilan). | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Wanprestasi | en_US |
dc.subject | Ganti Rugi | en_US |
dc.subject | Upaya Hukum | en_US |
dc.title | Upaya Hukum Atas Wanprestasi yang Dilakukan oleh Pihak Konsumen dalam Perjanjian Restorasi Modifikasi Mobil (Studi Kasus Pada Bengkel Komedy Custom) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 20410490 | |