dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran
Creative Problem Solving (CPS) terhadap: 1) kemampuan berpikir kreatif peserta
didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA YPI Pulosari dan 2) prestasi
belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMAYPI Pulosari;
Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMA
YPI Pulosari tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik non tes untuk mendapatkan data berpikir kreatif dan teknik tes untuk
mendapatkan data prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Hasil analisis
didapatkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan
model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi kesetimbangan
kimia terhadap berpikir kreatif dengan nilai signifikansi 0,317 > 0,05 2) terdapat
perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA YPI Pulosari
dengan nilai signifikansi 0,043 < 0,05. | en_US |