Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada Materi Kesetimbangan Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Xi Sma Ypi Pulosari
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran
Creative Problem Solving (CPS) terhadap: 1) kemampuan berpikir kreatif peserta
didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMA YPI Pulosari dan 2) prestasi
belajar peserta didik pada materi kesetimbangan kimia kelas XI SMAYPI Pulosari;
Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMA
YPI Pulosari tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik non tes untuk mendapatkan data berpikir kreatif dan teknik tes untuk
mendapatkan data prestasi belajar peserta didik aspek pengetahuan. Hasil analisis
didapatkan bahwa: 1) tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan
model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) pada materi kesetimbangan
kimia terhadap berpikir kreatif dengan nilai signifikansi 0,317 > 0,05 2) terdapat
perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI SMA YPI Pulosari
dengan nilai signifikansi 0,043 < 0,05.
Collections
- Chemistry [585]