Upaya Pengawas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI SD di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh
Abstract
Keberhasilan pengawas dalam membimbing guru salah satunya terletak dari
upaya yang digunakannya dalam kepengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui : upaya, kendala dan capaian pengawas dalam meningkatkan
kompetensi guru PAI SD di Kecamatan Blangkejeren.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan pada tiga Sekolah Dasar yang berada di Blangkejeren dengan waktu
penelitian selama tiga bulan, sejak Januari sampai dengan Maret tahun 2017.
Informan dalam penelitian ini adalah pengawas PAI, Kepala Sekolah, Guru PAI SD
dan Kasi Pendis Kemenag Gayo Lues. Peneliti mendapatkan data melalui
wawancara, observasi partisipatoris dan dengan mencermati dokumen yang
diperlukan. Keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber dan
teknik. Kemudian dianalisa dengan model Miles dan Huberman, dengan langkah
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, upaya yang
digunakan pengawas dalam kepengawasan menggunakan pendekatan non direktif
dan kolaboratif, sedangkan teknik yang digunakan adalah kunjungan kelas,
percakapan pribadi, dan workshop dalam KKG kecamatan, rapat rutin di sekolah,
mengikutsertakan GPAI dalam diklat dan study banding. Kedua, kendala
pelaksanaan supervisi adalah pengawas yang ada merupakan pengawas madrasah
sekaligus sebagai pengawas PAI pada sekolah (tadak ada pengawas khusus PAI),
dan lemahnya motivasi kerja pengawas itu sendiri. Ketiga, Target yang sudah
tercapai adalah; pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman
terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajran pengembangan silabus, penguasaan
berbagai metode, setrategi dan pendekatan pembelajaran.