dc.description.abstract | Fungsi pengawas PAI dan kepala sekolah dalam membentuk guru PAI
berkarakter salah satunya terletak pada pelaksanaan supervisi akademik. Fungsi ini
akan menjadi lebih efektif apabila ada sinergi di antara keduanya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sinergi dan strategi pengawas PAI dan kepala sekolah
dalam membentuk karakter guru PAI di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta dan kantor Pokjawas
PAI Kota Yogyakarta dengan waktu penelitian selama tiga bulan, sejak Februari
sampai dengan April tahun 2017. Sumber primer dalam penelitian ini adalah
pengawas PAI yang membina SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta, kepala sekolah
dan seluruh guru PAI di SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Sumber sekunder
yaitu dokumen tentang profil pengawas PAI, wakil kepala sekolah dan guru PAI,
dokumen program kerja pengawas, dan 7 siswa kelas X, XI, XII. Peneliti
mendapatkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan langkahlangkah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama sinergi pengawas dan
kepala sekolah dalam membentuk karakter guru PAI di SMA Negeri 1 Teladan
Yogyakarta sudah ada, tapi karena faktor kesibukan, dll, belum begitu tampak, baru
sekedar ada jalinan komunikasi, namun belum sampai tahap kesepakatan
kerjasama, meskipun kedua pihak sudah menjalankan fungsinya masing-masing.
Kedua, strategi Pengawas PAI dan kepala sekolah dalam membentuk karakter guru PAI di
SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta adalah dengan keteladanan, kedisiplinan, penghargaan
prestasi, dan pembiasaan. | id |