Minat Masyarakat Muslim dalam Menggunakan Layaan Digital Banking dengan Menggunakan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh minat seorang
muslim menggunakan layanan digital banking dengan menggunakan model UTAUT.
Penelitian ini dilakukan pada masyarakat muslim di Indonesia dengan jumlah sampel
239 responden yang dipilih menggunakan metode convenience sampling.
Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert.
Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square menggunakan perangkat
lunak Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Performance Expectancy tidak
mempengaruhi niat perilaku penggunaan layanan digital banking pada bank syariah,
bank konvensional, maupun bank syariah konvensional. Effort Expectancy dan Facilitating
Condition juga tidak mempengaruhi niat perilaku penggunaan digital banking pada bank
syariah dan bank syariah konvensional. Namun, Effort Expectancy dan Facilitating
Condition mempengaruhi niat perilaku penggunaan digital banking pada bank
konvensional. Social Influence menunjukkan pengaruh terhadap niat perilaku
penggunaan digital banking pada bank syariah, namun tidak terdapat pengaruh pada
digital banking bank konvensional dan bank syariah konvensional. Habit mempengaruhi niat
perilaku penggunaan digital banking pada bank syariah dan bank syariah
konvensional, namun tidak memiliki pengaruh terhadap niat perilaku pada digital
banking bank konvensional. Facilitating Condition mempengaruhi perilaku penggunaan
digital banking pada bank konvensional dan bank syariah konvensional, namun tidak
mempengaruhi digital banking pada bank syariah. Niat perilaku penggunaan layanan
digital banking memiliki pengaruh terhadap perilaku penggunaan layanan digital banking
pada bank syariah, bank konvensional, dan bank syariah konvensional.
Collections
- Economics [2260]