Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Syafa’atika
dc.date.accessioned2024-06-25T01:36:45Z
dc.date.available2024-06-25T01:36:45Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50264
dc.description.abstractPenelitian ini bertjuan untuk mengetahui peran resiliensi akademik terhadap stress akademik pada mahasiswa tingkat akhir. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat aakhir yang sedang mengerjakan skripsi baik laki-laki maupun perempuan dengan jumlah 180 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala Student-Life Stress Inventory yang dikembangkan oleh Gadzella (1991) yang telah diadaptasi versi Bahasa Indonesia olah Azzahra, (2017) untuk mengukur stres akdemik dan skala resiliensi akademik yang dikembangkan oleh Cassidy, (2016) yang telah diadaptasi oleh Dewi Kumalasari et al. (2020). Data Penelitian ini diuji menggunakan Regresi Linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi akademik berhubungan secara negatif dan memiliki pengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir sebesar 8,82%. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya resiliensi akademik menentukan rendahnya stres akademik. Sebaliknya, rendahnya resiliensi akademik menentukan tingginya stres akademik. Semakin resiliensi akademik tinggi maka stres akademik cenderung menurun. Begitu pula sebaliknya jika resiliensi akademik rendah maka stres akademik cenderung meningkaten_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectresiliensi akademiken_US
dc.subjectstres akademiken_US
dc.subjectmahasiswa tingkat akhiren_US
dc.titlePeran Resiliensi Akademik Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhiren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20320265


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record