Pengaruh Ekstrakulikuler Tahfidz Al-qur’an Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA UII Yogyakarta
Abstract
Penelitian kali ini dilatar belakangi oleh fenomena maraknya program
tahfidz di sekolah-sekolah sebagai bentuk keunikan sekaligus keunggulan sekolah,
terutama untuk memahami dampak tentang program tahfidz Al-Qur’an di SMA UII
Yogyakarta. Adapun tujuan penelitian kali ini adalah untuk menganalisis ada
tidaknya perbedaan prestasi belajar siswa ditinjau dari jenis kelamin siswa dan
untuk sekaligus menganalisis ada tidaknya pengaruh program tahfidz terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian kali ini adalah
penelitian dengan pendekatan kuantitaf dan jenisnya yakni field research
(penelitian lapangan). Pada penelitian kali ini yang menjadi subjek adalah siswa
kelas XII di SMA UII Yogyakarta yang berjumlah 86 siswa. Penelitian ini
menggunakan tekhnik sample jenuh yang menggukan seluruh subjeknya dan
menggunakan tekhnik pengumpulan data yakni angket dan dokumentasi yang
kemudian data tersebut diolah dengan tekhnik analisis data regresi linear sederhana.
Adapun yang menjadi hasil temuan pada penelitian kali ada dua yakni 1)
tidak terdapat pebedaan perbedaan prestasi belajar siswa perempuan dan laki-laki
yang dibuktikan dengan nilai sig =0,61 > 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan
dari Ekstrakulikuler tahfidz Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA UII Yogyakarta yang dibuktikan
dengan hasil uji regresi linear sederhana yang memperoleh hasil R square sebesar
0,258 yang berarti nilai pengaruh ekstrakulikuler tahfidz Al-Qur’an terhadap
prestasi belajar siswa di SMA UII Yogyakata adalah sebesar 25,8% dan 74,2%
lainya berasal dari faktor lainya.
Collections
- Islamic Education [918]