Hubungan Pola Konsumsi Jajanan dengan Capaian Akademik Pada Anak Usia 10–12 Tahun di Sekolah Dasar Kabupaten Sleman Yogyakarta
Abstract
Latar Belakang: Pangan Jajan Anak Sekolah (PJAS) menyumbang sebagian
energi dan protein anak sekolah. Pemenuhan nutrisi melalui konsumsi jajan di
sekolah menjadi penting salah satu bagian penting dalam perkembangan sel-sel
otak, yang dapat memengaruhi tingkat kecerdasan dan proses belajar.
Berdasarkan data dari Programme for International Student Assessment (PISA)
tahun 2018 pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-74 dan belum mencapai
skor rata-rata negara Organization for Economic Co-operation and Development
(OECD). Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai kemungkinan
hubungan antara konsumsi jajan dan capaian akademik anak sekolah dasar.
Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan pola konsumsi jajanan dengan capaian
akademik pada anak usia 10–12 tahun di sekolah dasar Kabupaten Sleman,
Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif observasional
dengan pengambilan data secara cross-sectional. Penentuan sampel pada
penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian
ini merupakan anak sekolah dasar kelas 5 dan 6 dengan rentang usia 10–12 tahun.
Didapatkan sebanyak 57 sampel dari tiga sekolah dasar di Kabupaten Sleman.
Pengambilan data menggunakan data primer yang diambil langsung dari hasil
wawancara formulir 1x24 jam Food Recall, pengisian formulir Food Frequency
Questionnaire (FFQ), serta nilai rapor anak pada semester ganjil tahun ajaran
2023/2024.
Hasil: Dari 57 sampel didapatkan 29 (50,9%) anak dengan hasil rapor baik dan 28
(49,1%) anak dengan hasil rapor kurang dari rata-rata. Capaian akademik pada
sampel penelitian ini tergolong tinggi dengan rata-rata nilai rapornya sebesar
82,87. Hasil uji chi-square pada analisis bivariat antara antara frekuensi konsumsi
jajanan dan asupan energi makan jajanan dengan capaian akademik didapatkan
nilai p-value sebesar 0,352 dan 0,896.
Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan bermakna antara pola konsumsi jajanan
dengan capaian akademik pada anak usia sekolah 10–12 tahun di sekolah dasar
Kabupaten Sleman Yogyakarta.
Collections
- Medical Education [2418]