Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Powerpoint Text Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 7c dan 7d Smp Negeri 3 Mlati
Abstract
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang penting untuk
guru dalam proses pembelajaran. Fungsinya mencakup penyampaian materi
pembelajaran, peningkatan kreativitas peserta didik, dan peningkatan perhatian
mereka selama proses pembelajaran. motivasi juga dianggap sebagai kekuatan
internal dari dalam diri siswa yang dapat menurunkan rasa malas dan memberikan
arah pada proses belajar mengajar, sehingga cita-cita yang diinginkan dari mata
pelajaran yang dipelajari dapat tercapai. Maka penelitian ini bermaksud untuk
mengetahui upaya guru dalam meningkatkan Pemanfaatan media pembelajaran
PowerPoint Text terhadap motivasi belajar siswa kelas 7C dan 7D SMP Negeri 3
Mlati.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif yang menggunakan analisis data berupa korelasi sederhana dengan
tujuan untuk menganalisis adanya hubungan dan pengaruh antara variabel
Pemanfaatan PowerPoint Text (X) dan variabel Motivasi Belajar(Y). Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik Stratified Sampling, sampel yang
digunakan sebanyak 60 siswa kelas 7C dan 7D.
Berdasarkan hasil penelitian data dan analisis data dapat diambil
kesimpulan bahwa hasil perhitungan analisis korelasi sederhana yaitu didapatkan
signifikansi sebesar 0,001 dapat disimpulkan bahwa kedua variabel yaitu variabel
Pemanfaatan PowerPoint Text (X) dan Motivasi Belajar (Y) tersebut berkorelasi
dengan derajat hubungan yaitu korelasi sedang dengan bentuk hubungan adalah
korelasi positif dapat dikatakan bahwa Pemanfaatan PowerPoint Text memiliki
kekuatan hubungan positif terhadap Motivasi Belajar. Dari Uji korelasi sederhana
juga dapat membuktikan hipotesis yaitu, Ha diterima dan Ho ditolak bahwa
terdapat pengaruh pemanfaatan media power Point Text Terhadap Motivasi belajar
Siswa kelas 7C dan 7D SMP Negeri 3 Mlati.
Collections
- Islamic Education [918]