dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap
hasil belajar Aqidah Akhlak pada siswa MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah
Galur. Fakta dilapangan menunjukan masih kurangnya minat dan kunjungan
siswa ke perpustakaan. Penelitian dan juga siswa yang memiliki keingan untuk
membaca yang masih rendah sehingga harus selalu dibimbing oleh guru
bersangkutan dan masih kurang adanya peningkatan dalam nilai kognitif pada
mata pelajaran Aqidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah
Galur. Penelitian ini ditunjukan pada siswa kelas VIII di MTs Darul ‘Ulum
Muhammadiyah Galur dengan sampel 79 siswa dari populasi sebanyak 254
siswa. Dan pengambilan sampelnya menggunakan proportional random
sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan
hasil ujian siswa. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan regresi linier
sederhan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama tidak terdapat pengaruh
antara minat baca terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat
dilihat pada taraf signifikan 0,450 > 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa tidak terdapat pengaruh minat membaca dengan hasil belajar mata
Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Kedua
besar pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar siswa adalah 0,7%. Hal
sebut dapat dilihat dari niali koefisien determinasi (R Squeare) sebesar 0,007 dan
kemudian dirubah dalam bentuk persen. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa besarnya pengaruh minat baca terhadap hasil belajar mata pelajaran
Aqidah Akhlak di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur yakni sebesar 0,7%
dan 99,3 % dipengarusi oleh faktorlain. faktor-faktor lain yang dapat
mempengaruhi hasil belajar misalnya motivasi, lingkungan, teknologi, sarana
dan prasrana, budaya copy paste, diri sendiri dan lain sebagainya. | en_US |