Show simple item record

dc.contributor.authorWahyuningsih, Nunik
dc.date.accessioned2024-06-21T03:26:39Z
dc.date.available2024-06-21T03:26:39Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50163
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak pada siswa MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Fakta dilapangan menunjukan masih kurangnya minat dan kunjungan siswa ke perpustakaan. Penelitian dan juga siswa yang memiliki keingan untuk membaca yang masih rendah sehingga harus selalu dibimbing oleh guru bersangkutan dan masih kurang adanya peningkatan dalam nilai kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini berada di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Penelitian ini ditunjukan pada siswa kelas VIII di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur dengan sampel 79 siswa dari populasi sebanyak 254 siswa. Dan pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan hasil ujian siswa. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama tidak terdapat pengaruh antara minat baca terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak. Hal tersebut dapat dilihat pada taraf signifikan 0,450 > 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat pengaruh minat membaca dengan hasil belajar mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur. Kedua besar pengaruh minat membaca terhadap hasil belajar siswa adalah 0,7%. Hal sebut dapat dilihat dari niali koefisien determinasi (R Squeare) sebesar 0,007 dan kemudian dirubah dalam bentuk persen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh minat baca terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galur yakni sebesar 0,7% dan 99,3 % dipengarusi oleh faktorlain. faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar misalnya motivasi, lingkungan, teknologi, sarana dan prasrana, budaya copy paste, diri sendiri dan lain sebagainya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinat Membacaen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Minat Membaca Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Peserta Didik di MTs Darul ‘Ulum Muhammadiyah Galuren_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17422182


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record