Analisis dan Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna BRI Mobile Kantor Cabang Gombong
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat kepuasan pengguna BRI mobile BRI Kantor Cabang
Gombong. Selain itu, penelitian juga digunakan untuk mengevaluasi pada bagian mana dari aplikasi
dan perusahaan yang perlu ditingkatkan. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian yang mengacu
pada strategi pengambilan data melalui kuesioner dan wawancara terstruktur. Sumber data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (kuesioner dan wawancara) dan sekunder (data yang
telah ada sebelumnya dan studi literatur). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan analisis
deskriptif dan inferensial serta skala likert dalam pendeskripsian,pengujian, dan pengevaluasian pada
data penelitian. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah adanya data yang menyatakan bahwa
tingkat kepuasan pengguna aplikasi BRI mobile BRI Kantor Cabang Gombong memiliki keterangan
“Sangat Puas” terhadap layanan yang ada pada aplikasi. Keterangan ini didapat dari data penelitian
variabel EUCS (Content, Accuracy, Format, Easy of use, dan Timeliness). Hasil yang lain juga
didapatkan melalui wawancara terstruktur pada pengguna aplikasi. Pengguna aplikasi menyatakan
bahwa pengguna merasa puas dengan layanan yang ada pada aplikasi BRI mobile tetapi masih
terdapat hal yang perlu diperbaiki seperti sistem pada aplikasi agar tidak terjadi kesalahan sistem serta
peningkatan edukasi dan sosialisasi terkait dengan aplikasi BRI mobile secara terstruktur dan
berkelanjutan pada masyarakat agar dapat meningkatkan jumlah pengguna aplikasi BRI mobile.
Collections
- Economics [2260]