Show simple item record

dc.contributor.authorMadhani, Luluk Makrifatul
dc.date.accessioned2024-06-20T05:21:54Z
dc.date.available2024-06-20T05:21:54Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50126
dc.description.abstractPendidikan tidak terlepas dari perkembangan teknologi saat ini, di sisi lain pendidikan agama seringkali dianggap kurang mendapatkan perhatian yang cukup dalam penerapan teknologi pembelajaran. Hal ini menyebabkan pendidikan agama, terkesan kuno dan kurang menarik bagi para siswa. Di era digital saat ini remaja, khususnya siswa SMP tumbuh dalam lingkungan yang dikelilingi teknologi dan media sosial yang menjadi bagian dari kehidupan mereka. Sehingga pengembangan media belajar berbasis teknologi menjadi penting untuk diintegrasikan dengan pendidikan agama. Dengan demikian, pengembangan media belajar menjadi suatu langkah yang strategis dalam menjembatani kesenjangan antara pendidikan agama dan perkembangan teknologi dalam konteks pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media belajar EDUFAITH untuk meningkatakan kemampuan pemahaman siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan multimedia dari Alessi dan Trollip yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu planning, design dan development. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket, pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Uji coba produk dilakukan melalui validasi ahli (praktisi pembelajaran, bahasa, dan media) dan uji pengguna. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif dan kualitatif untuk menguji kelayakan produk dan mengukur efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media belajar EDUFAITH dikembangkan dengan baik melalui tiga tahap yakni planning design, dan development. (2) media belajar EDUFAITH menurut penilaian praktisi pembelajaran, ahli bahasa, ahli media dan penggunaَ memenuhiَ kriteriaَ “sangatَlayak”َ untukَ digunakan.َ (3) media belajar EDUFAITH cukup efektif digunakan dalam proses pembelajaran dengan nilai sebesar 57,85%, serta mendapatkan kategori sedang dalam meningkatkan pemahaman siswa dengan perolehan nilai sebesar 0,58.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEDUFAITHen_US
dc.subjectGoogle Sitesen_US
dc.subjectMedia Belajaren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Edufaith Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Jenjang SMP (Studi Pengembangan di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM22913049


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record