Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Impulsive Buying Pada Perempuan Dewasa Awal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan
media sosial dan impulsive buying. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat
hubungan positif antara intensitas penggunaan media sosial dan impulsive buying
pada perempuan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 195 perempuan dewasa awal dengan
rentang usia 18-32 tahun, dipilih dengan teknik purposive sampling. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah skala intensitas penggunaan media sosial
SONTUS dan skala impulsive buying. Perhitungan analisis menggunakan IBM
SPSS 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas penggunaan media sosial
dan impulsive buying memiliki nilai korelasi sebesar r = 0.159 p = 0.013 (p < 0.05).
Oleh karena itu, hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2270]