Upaya Penanaman Karakter Religius Siswa Melalui Program Boarding School di SMPN 4 Pakem Sleman
Abstract
Permasalahan kemerosotan moral karakter yang terjadi saat ini tidak hanya
menimpa orang dewasa saja, namun juga generasi muda. Selain itu, perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang pesat saat ini tentunya akan
mempengaruhi perilaku siswa dan akan memberikan dampak positif dan negatif.
Saat ini, penting untuk menumbuhkan moral dan menumbuhkan keberagamaan
sejak dini. Penerapan program boarding pada lembaga pendidikan dapat menjadi
salah satu alternatif peningkatan mutu pendidikan, khususnya mengoptimalkan
pengembangan karakter religius peserta didik secara maksimal. Tujuan penelitian
ini adalah menganalisis upaya SMPN 4 Pakem dalam mengembangkan karakter
religius siswa melalui program boarding school.
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan bagaimana upaya penanaman
karakter untuk menumbuhkan perilaku religius peserta didik SMPN 4 Pakem, untuk
mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh pembina asrama dalam upaya
penanaman karakter di SMPN 4 Pakem.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berisikan
penjelasan mengenai data yang diperoleh di lapangan secara langsung. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Penentuan
informan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik purposive sampling.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat beberapa upaya dalam
penanaman karakter religius siswa yaitu adanya kelas keagamaan dan pembiasaan
karakter yang baik, dalam pengembangannya penanaman karakter religius
menggunakan strategi yang dianggap efektif yaitu role modelling, pengembangan
karakter internal dan eksternal, pendampingan. Adapun dorongan guru untuk
menjadi teladan dalam berperilaku dan beribadah sehingga siswa dapat belajar dari
contoh nyata, lakukan komunikasi yang intensif dengan orang tua untuk
memastikan nilai-nilai yang diajarkan di sekolah juga diterapkan di rumah, lengkapi
sekolah dengan buku-buku, alat peraga, dan materi pendidikan yang mendukung
pengajaran karakter religius. Merupakan upaya dalam mengatasi kendala yang
dihadapi oleh pembina asrama.
Collections
- Islamic Education [918]