dc.description.abstract | Menghafal Al-Qur'an pada anak usia dini membutuhkan pendampingan
khusus dan metode yang tepat untuk efektifitas menghafal. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an
pada anak usia dini khususnya di KB-TK Islam Taruna Al-Qur’an, serta
implementasi dari metode yang diterapkan hingga akhirnya dapat mewujudkan
generasi qurani sebagaimana yang dicita-citakan.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek
penelitiannya guru penanggungjawab tahfiz dan fasilitator kelas di KB-TK Islam
Taruna AL-Qur’an. Objek penelitian ini berupa metode yang diterapkan dan
implementasinya pada anak usia dini. Teknik yang digunakan dalam menentukan
subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dalam hal ini
penulis memilih informan yang dianggap mengetahui permasalahan yang akan
dikaji serta mampu memberikan informasi yang dapat dikembangkan untuk
memperoleh data. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan di KB-
TK Islam Taruna Al-Qur’an meliputi beberapa metode yaitu dengan metode
jama’, metode talaqqi, dan metode at-tibyan. Kombinasi dari ketiga metode ini
baik dari menghafal al-qur’an secara bersama sama, dituntun atau dibimbing
oleh guru tahfiz secara langsung serta disempurnakan dengan melafalkan ayat
ayat al-qur’an dengan menggunakan maharijul huruf dan mempelajari hukum
bacaan ilmu tajwid yang baik dan benar. Metode-metode tersebut saling
berkorelasi untuk mewujudkan sistem metode menghafal al-qur’an yang efektif
untuk peserta didik usia dini. Adapun implementasi dari semua metode tersebut
sudah baik dan efektif untuk diterapkan, dapat dilihat dari tercapainya target
hafalan setiap peserta didik pada tiap-tiap semester, bahkan ada beberapa
peserta didik yang mampu melampaui target yang telah ditetapkan. | en_US |