Show simple item record

dc.contributor.authorNi‘mah, Iftihatun
dc.date.accessioned2024-06-20T04:42:36Z
dc.date.available2024-06-20T04:42:36Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/50113
dc.description.abstractMenghafal Al-Qur'an pada anak usia dini membutuhkan pendampingan khusus dan metode yang tepat untuk efektifitas menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yang diterapkan dalam menghafal Al-Qur’an pada anak usia dini khususnya di KB-TK Islam Taruna Al-Qur’an, serta implementasi dari metode yang diterapkan hingga akhirnya dapat mewujudkan generasi qurani sebagaimana yang dicita-citakan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan subjek penelitiannya guru penanggungjawab tahfiz dan fasilitator kelas di KB-TK Islam Taruna AL-Qur’an. Objek penelitian ini berupa metode yang diterapkan dan implementasinya pada anak usia dini. Teknik yang digunakan dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu dalam hal ini penulis memilih informan yang dianggap mengetahui permasalahan yang akan dikaji serta mampu memberikan informasi yang dapat dikembangkan untuk memperoleh data. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan di KB- TK Islam Taruna Al-Qur’an meliputi beberapa metode yaitu dengan metode jama’, metode talaqqi, dan metode at-tibyan. Kombinasi dari ketiga metode ini baik dari menghafal al-qur’an secara bersama sama, dituntun atau dibimbing oleh guru tahfiz secara langsung serta disempurnakan dengan melafalkan ayat ayat al-qur’an dengan menggunakan maharijul huruf dan mempelajari hukum bacaan ilmu tajwid yang baik dan benar. Metode-metode tersebut saling berkorelasi untuk mewujudkan sistem metode menghafal al-qur’an yang efektif untuk peserta didik usia dini. Adapun implementasi dari semua metode tersebut sudah baik dan efektif untuk diterapkan, dapat dilihat dari tercapainya target hafalan setiap peserta didik pada tiap-tiap semester, bahkan ada beberapa peserta didik yang mampu melampaui target yang telah ditetapkan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectTAUDen_US
dc.titleMetode Menghafal Al-qur’an Pada Anak Usia Dini di Program Taud KB-TK Islam Taruna Al-qur’an, Ngaglik, Sleman, Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18422119


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record