Penerapan Metode Bercerita Sebagai Penanaman Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini di TK Sultan Agung Yayasan Badan Wakaf UII Nglanjaran, Ngaglik, Sleman
Abstract
Pembentukan karakter anak harus dimulai sedini mungkin, yakni dimulai
pada lingkungan keluarga. Pada saat anak sudah mulai memasuki jenjang
pendidikan formal dimulai dari pendidikan Taman Kanak-Kanak. Jenjang Taman
Kanak-kanak merupakan tahap awal untuk memperkenalkan lingkungan hidup
yang lebih luas dari lingkungan keluarga, memperkenalkan realita kehidupan
bermasyarakat yang memiliki aturan dan nilai hidup. Penerapan metode bercerita
sebagai bentuk penanaman karakter pendidikan agama islam pada anak usia dini
adalah pendekatan yang efektif dan efisien. Metode ini memanfaatkan daya tarik
cerita untuk menyampaikan nilai-nilai agama secara menyenangkan dan mudah
dimengerti oleh anak-anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan kepala
sekolah dan guru yang ada di TK Sultan Agung Yayasan Badan Wakaf (YBW)
UII dengan jumlah informan sebanyak 1 orang kepala sekolah dan 6 orang guru.
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan juga
dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan tahapan pengumpulan
data, reduksi data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode bercerita dalam
menanamkan karakter pendidikan agama Islam oleh para guru di TK Sultan
Agung YBW UII Ngaglik merupakan cara yang dianggap efektif dalam
membentuk karakter pada anak usia dini dengan menyampaikan cerita-cerita
berupa keteladanan.
Collections
- Islamic Education [918]