dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi
kepuasan penggunaan chatbot Aisyah BSI. Dewasa ini, inovasi perbankan dalam
memanfaatkan teknologi yaitu dengan cara untuk menggabungkan antara
kecanggihan digitalisasi dengan layanan kepada nasabah. Salah satu kemajuan
teknologi di bidang perbankan dicerminkan dengan adanya layanan chatbot.
Chatbot memberikan dampak yang positif karena chatbot dapat terkoneksi
kapanpun dan dimanapun, tidak bergantung pada waktu dan tempat tertentu.
Realitanya di lapangan, terdapat keterbatasan chatbot dalam hal hubungan
emosional dan hubungan personal. Penelitian kuantitatif ini data primer yang
diperoleh berdasarkan penyebaran kuesioner kepada responden mengenai pengaruh
performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating
conditions, hedonic motivation, price value, habit, behavioral intention dan use
behavior terhadap kepuasan penggunaan layanan chatbot Aisyah BSI. Penelitian
ini menggunakan teori UTAUT 2 sebagai bentuk penerimaan pengguna terhadap
masuknya sistem teknologi informasi terbaru.Responden dalam penelitian ini
sebanyak 68 orang. Metode analisis data menggunakan PLS-SEM dan tools Smart-
PLS4. Setelah melakukan pengolahan data, terdapat dua hipotesis yang Ha yang
diterima yakni habit berpengaruh terhadap behavioral intention chatbot Aisyah
BSI, selain itu behavioral intention juga berpengaruh terhadap use behavior chatbot
Aisyah BSI. | en_US |