Strategi Belajar Peserta Didik K-Popers Kelas IX Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purworejo
Abstract
Pemberian pendidikan keagamaan kepada peserta didik sangat diperlukan.
Kurikulum Merdeka memberikan alokasi waktu tiga jam pelajaran dalam mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Guna memperoleh hasil belajar PAI yang
maksimal, peserta didik perlu menentukan strategi belajar yang sesuai tidak
terkecuali bagi peserta didik K-Popers. Dengan dampak negatif yang dapat
ditimbulkan dari menyukai K-Pop terhadap peserta didik sehingga dapat
mengakibatkan rendahnya hasil belajar, peneliti tertarik untuk mengungkap: 1.
strategi belajar peserta didik K-Popers kelas IX dalam mengikuti mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purworejo, 2. faktor yang
mempengaruhi strategi belajar peserta didik K-Popers kelas IX dalam mengikuti
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Purworejo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini
adalah peserta didik K-Popers kelas IX SMP Negeri 2 Purworejo, guru PAI SMP
Negeri 2 Purworejo, dan orang tua peserta didik K-Popers yang ditentukan secara
purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
wawamcara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini berupa peserta didik K-Popers kelas IX menggunakan
strategi kognitif, strategi manajemen, dan strategi motivasi dalam mempelajari mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam. Faktor yang mempengaruhi strategi belajar
peserta didik K-Popers kelas IX berupa motivasi, konsentrasi dan kegiatan diluar
sekolah.
Collections
- Islamic Education [912]