Show simple item record

dc.contributor.authorNazihah, Hafidha Ainun
dc.date.accessioned2024-06-13T02:25:22Z
dc.date.available2024-06-13T02:25:22Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49995
dc.description.abstractLatar Belakang: Indonesia merupakan salah satu negara yang menghadapi masalah kenaikan jumlah lansia. Kenaikan yang terjadi mengakibatkan lansia membutuhkan fokus tersendiri dari pemerintah. Indonesia memiliki program pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kualitas masyarakat, termasuk lanjut usia. Pemerintah dan masyarakat telah mengembangkan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM). Mereka memberikan pelayanan berupa Posyandu Lansia. Akan tetapi, persentase lansia secara umum yang mendapat layanan kesehatan semakin menurun. Pelayanan kesehatan yang memadai diharapkan bisa meningkatkan semangat masyarakat untuk melakukan kunjungan posyandu lansia. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui persepsi lansia terhadap pelayanan kesehatan posyandu lansia di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan. Metode Penelitian: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Informan merupakan 9 lansia di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan yang diperoleh dengan purposive sampling. Analisis data wawancara dilakukan dengan analisis tematik. Hasil Penelitian: Berdasarkan data yang dikumpulkan, lansia memiliki persepsi yang sama terkait pelayanan posyandu lansia. Secara umum, lansia memiliki pengetahuan yang cukup tentang kegiatan posyandu lansia, jadwal posyandu lansia, dan lokasi posyandu lansia. Biaya pengecekan kesehatan, lokasi diadakannya posyandu lansia, dan suasana yang didapatkan ketika mengunjungi posyandu lansia menjadi faktor lansia mendatangi posyandu lansia. Akan tetapi, terkadang kesibukan lansia, lokasi rumah yang jauh, dan keterbatasan trasportasi menjadi kendala bagi lansia untuk datang ke posyandu lansia. Lansia berharap pengecekan kesehatan di posyandu lansia bisa bebas biaya, lokasi posyandu lansia lebih luas dan tidak berubah-ubah, obat yang disediakan di posyandu lansia lebih banyak, dan kegiatan di posyandu lansia ditambah. Simpulan: Persepsi lansia terhadap pelayanan kesehatan posyandu lansia di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetan baik dan perlu dilanjutkan. Terdapat beberapa faktor dan kendala yang memengaruhi kedatangan lansia ke posyandu lansia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLansiaen_US
dc.subjectPersepsi Lansiaen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectPosyandu Lansiaen_US
dc.titlePersepsi Lansia Terhadap Pelayanan Kesehatan Posyandu Lansia di Kecamatan Kawedanan Kabupaten Magetanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20711044


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record