dc.description.abstract | Berbagai tantangan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu
perkemebangan kurikulum, teknologi pendidikan, dan dinamika sosial, menuntut
kepela sekolah untuk memiliki strategi dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja guru, dan adakah kendala atau penghambat dalam upaya meningkatkan
kinerja guru. Serta adakah solusi alternatif untuk mengatasi kendalata atau
hambatan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yaitu
penelitian kualitatif, penelitian ini dilakukan di MTs N 1 Magelang. Teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisi dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah
meningkatkan kinerja guru dengan melakukan berbagai upaya untuk mencapai
tujuan tersebut. Seperti melakukan perancanaan yang baik, membina hubungan
baik dengan guru, dengan menyediakan ruangan dan sarana prasarana yang
sesuai dengan kebutuhan para guru. Mengevaluasi dan memantau kinerja guru.
Dan terdapat beberapa kendala atau hambatan, yaitu seperti kemampuan guru
senior atau guru yang sudah berumur yang masih kesulitan dalam aplikasi digital,
dan metode mengajar yang masih monoton, dan adanya sarana yang belum
memadai seperti kouta internet yang kurang setabil. Solusi alternatif dalam
mengatasi kendala atau hambatan tersebut yaitu kepala madrasah membentuk
team sukses yaitu anak muda yang ahli sistem digital untuk mengajari para guru
yang kesulitan dalam sistem digital. Kedua, kepala madrasah selalu mengadakan
berifing yang bertujuan untuk memberi masukan-masukan, ketiga, kepala
madrasah memberikan kouta tambahan. | en_US |