Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorAmalia, Intan Rizki
dc.date.accessioned2017-12-23T17:10:18Z
dc.date.available2017-12-23T17:10:18Z
dc.date.issued2017-06-02
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4984
dc.description.abstractDengan dukungan keluarga yang harmonis, maka akhlak dan prilaku anak sebenarnya akan lebih terkontrol. Namun demikian kondisi masyarakat, pekerjaanorang tua, pengaruh lingkungan menjadikan keharmonisan keluarga semakin harisemakin menjadi barang yang langka. Orang tua sering tidak memperdulikananak-anaknya, bahkan bertemu dengan anaknya hanya pada malam harimenjelang akan tidur. Pada pagi hingga sore orang tua sibuk bekerja mencarinafkah.Akibatnya keharmonisan keluarga menjadi berkurang dan perhatianterhadap pendidikan dan kasih sayang terhadap anak sangat kurang.Oleh karena itu tidak sedikit anak yang merasa kurang perhatian dari kedua orang tuanya.Yang berakibat dengan berkurangnya moral dan akhlak siswa baik di sekolah maupun lingkungan.Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh keharmonisan keluarga terhadap Ahlak siswa di SMA N 2 Ngaglik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Ngaglik sleman Yogyakarta yang berjumlah 155 siswa yang terdiri dari kelas X Mipa 1, XMipa 2, X Mipa 3, X Ips 1, X Ips 2 dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrument meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir soal terbukti valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,720untuk keharmonisan keluarga dan 0,756 untuk akhlak siswa dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis uji product moment dan uji hipotesis.Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada besarnya kontribusi keharmonisan keluarga terhadap akhlak sebesar 7,1%. nilai tersebut terlihat dari besarnya R Square, yaitu sebesar 0.071. Hasil tersebut menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga menjadi salah satu faktor akhlak siswa. Koefisien determinasi yang menunjukkan nilai sebesar 0.071 yang berarti bahwa keharmonisan keluarga dapat meningkatkan terhadap akhlak sebesar 7,1%id
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.titlePengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Akhlak Siswa Sma Negeri 2 Ngaglikid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record