Show simple item record

dc.contributor.authorAkhyar, Nabila Chairani
dc.date.accessioned2024-05-31T08:23:14Z
dc.date.available2024-05-31T08:23:14Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49791
dc.description.abstractLatar Belakang : Psychological well-being merupakan sikap positif dalam mengelola perilaku, membuat keputusan, dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Psychological well-being merupakan elemen penting dalam adaptasi individu, khususnya dokter muda, terhadap berbagai situasi, agar dapat mencapai prestasi belajar yang optimal. Berbagai faktor dapat mempengaruhi psychological well-being, diantaranya adalah kondisi kesehatan, faktor sosial demografis, karakteristik kepribadian, interpretasi individu terhadap pengalaman mereka, dan kualitas lingkungan belajar. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara kualitas lingkungan belajar dan psychological well-being dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain observasional dan metode pengumpulan data secara cross sectional. Jumlah total responden dalam penelitian ini adalah 177 dokter muda yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak termasuk dalam kriteria eksklusi. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner Postgraduate Hospital Educational Environment Measurement (PHEEM) dan Ryff’s Psychological Well-Being Scale yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis data univariat dilakukan untuk mendapatkan deskripsi karakteristik, kualitas lingkungan belajar, dan tingkat psychological well-being. Untuk mengetahui hubungan antara variabel, dilakukan analisis bivariat menggunakan uji korelasi rho (Spearman). Hasil : Dari 177 responden, 66,1% memiliki persepsi bahwa lingkungan belajar di Rumah sakit cenderung baik namun perlu perbaikan dan 83,6% memiliki psychological well-being yang tinggi. Analisis bivariat menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kualitas lingkungan belajar dan psychological well-being (p<0,01). Kesimpulan : Terdapat hubungan positif antara kualitas lingkungan belajar dan psychological well-being dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKualitas Lingkungan Belajaren_US
dc.subjectPsychological Well-beingen_US
dc.subjectDokter Mudaen_US
dc.titleHubungan Antara Kualitas Lingkungan Belajar dan Psychological Well- Being Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20711075


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record