Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Stres Pada Guru Slb
Abstract
Regulasi emosi sebagai cara pengelolaan emosi yang dapat digunakan oleh semua
orang termasuk guru sekolah luar biasa (SLB). Penelian ini bertujuan untuk
mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan stres pada guru sekolah luar
biasa (SLB) di Kabupaten Ciamis. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat
hubungan negatif antara regulasi emosi dengan stres pada guru sekolah luar biasa
(SLB) di Kabupaten Ciamis. Alat ukur regulasi emosi yang digunakan pada
penelitian ini, yakni skala ERQ (Emotion Regulation Questionnaire) yang disusun
oleh Gross & John (2003), dari hasil uji analisis faktor oleh Radde, dkk (2021). Alat
ukur stres yang digunakan adalah skala DASS-21 (Depression, Anxiety and Stress
Scale - 21 Items) yang disusun oleh Lovibond & Lovibond (1995), dari hasil uji
analisis faktor oleh Al-Kabani, dkk (2022). Kedua skala tersebut diterjemahkan ke
dalam Bahasa Indonesia oleh Lembaga Bahasa CILACS UII. Partisipan pada
penelitian ini berjumlah 48 orang. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi
(p) sebesar 0.446 (p>0.05) yang berarti tidak terdapat hubungan antara regulasi
emosi dengan stres pada guru sekolah luar biasa (SLB) di Kabupaten Ciamis.
Collections
- Psychology [2270]