Show simple item record

dc.contributor.authorWibowo, Rizki Agung
dc.date.accessioned2024-05-30T03:37:50Z
dc.date.available2024-05-30T03:37:50Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49697
dc.description.abstractKepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan adalah hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi kualitas perawatan, kepuasan pasien, serta reputasi rumah sakit. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta, sebagai salah satu penyedia layanan kesehatan terkemuka di Yogyakarta, telah berperan dalam memberikan perawatan medis dan pelayanan pasien selama bertahun-tahun. Google reviews menjadi salah satu alat yang digunakan beberapa pasien/pengunjung rumah sakit untuk memberikan masukan terhadap pelayanan yang terdapat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Peneliti menggunakan metode Service Quality sebagai metode pengumpulan data dengan membuat kuisioner yang disebarkan kepada pasien dan pengunjung rumah sakit yang digunakan untuk mengetahui kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Importance Performance Analysis (IPA) Matrix digunakan dalam penelitian untuk menganalisis kepuasan pelanggan pada layanan pelanggan dan 5 Whys Analysis untuk menyelidiki akar penyebab dari sebuah masalah yang terjadi. Hasil dari IPA Matrix menunjukkan terdapat 4 atribut yang tergolong kedalam Kuadran I dimana tingkat kepentingan yang tinggi dari suatu layanan namun kinerja perusahaan rendah sehingga menjadi prioritas utama untuk diperbaiki. Keempat atribut tersebut dianalisis akar permasalahannya dengan 5 Whys Analysis untuk membuat rekomendasi. Oleh karena itu, penelitian ini akan membantu perusahaaan dalam meningkatkan layanan yang diberikan kepada pasien di rumah sakit.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSevice Qualityen_US
dc.subjectIPA Matrixen_US
dc.subjectKepuasan Pelangganen_US
dc.subject5 Whys Analysisen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pelanggan Pada Layanan Pasien menggunakan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis (IPA): Studi Kasus RS PKU Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522071


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record