Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhan, Alhimni Rusydi
dc.date.accessioned2024-05-27T03:23:51Z
dc.date.available2024-05-27T03:23:51Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49562
dc.description.abstractCV. Multiguna merupakan perusahaan bersekala kecil menengah yang bergerak di bidang konveksi yaitu pakaian wanita dengan nama brand produk yaitu Safirah Collection. Safirah Collection CV. Multiguna merupakan industri konveksi yang memperoduksi pakaian jadi wanita (daily wear) seperti baju, celana, dress, manset, kardigan dan lain- lain. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Safirah Collection CV. Multiguna yaitu penjualan yang menurun pada produk pakain yang di pasarkan khusus area Yogyakarta, Solo dan Magelang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengevaluasi dan merancang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan di perusahaan safirah Collection CV. Multiguna. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemasaran produk Safirah Collection CV. Multiguna dimana pada faktor internal untuk kekuatan (strength) seperti bahan baku berkualitas, variasi produk, harga produk terjangkau, lokasi penjualan strategis, dan pelayangan yang baik. Untuk kelemahan (weakness) meliputi tenaga pemasaran yang belum optimal, keterbatasan modal, kurangnya promosi, hasil jahitan yang kurang rapi, dan pengadaan bahan baku. Pada faktor eksternal, untuk peluang (Opportunity) meliputi perkembangan dunia fashion yang baik, adanya pelanggan setia, perkembangan teknologi informasi, target pasar yang cukup luas, dan permintaan pasar yang cukup tinggi. Untuk ancaman (Threat) meliputi pesaing yang terus meningkat, pergeseran trend fashion, produk import pakaian bekas, persaingan harga produk, dan kondisi ekonomi dan politik. Posisi bisnis Safirah Collection CV. Multiguna berada di kuadran 3 atau disebut kuadran ubah strategi. Strategi yang harus dilakukan oleh Safirah Collection CV. Multiguna dalam mengubah strategi adalah menerapkan strategi WO (Weakness-Opportunity) dengan arahan strategisnya adalah meminimalkan permasalahan-permasalahan internal agar dapat memanfaatkan peluang pasar dengan lebih baik. Safirah Collection CV. Multiguna perlu memperbaiki beberapa elemen model bisnisnya yaitu menerapkan usulan strategi terhadap delapan elemen Business Model Canvas (BMC).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis SWOTen_US
dc.subjectBusiness Model Canvas (BMC)en_US
dc.subjectSafirah Collection CVen_US
dc.subjectMultigunaen_US
dc.subjectStrategi Pemasaranen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pemasaran menggunakan Pendekatan Analisis Swot dan Metode Business Model Canvas (BMC) dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus: Safirah Collection CV. Multiguna)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522205


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record