Analisis Strategi Pemasaran menggunakan Pendekatan Analisis Swot dan Metode Business Model Canvas (BMC) dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk (Studi Kasus: Safirah Collection CV. Multiguna)
Abstract
CV. Multiguna merupakan perusahaan bersekala kecil menengah yang bergerak di bidang
konveksi yaitu pakaian wanita dengan nama brand produk yaitu Safirah Collection.
Safirah Collection CV. Multiguna merupakan industri konveksi yang memperoduksi
pakaian jadi wanita (daily wear) seperti baju, celana, dress, manset, kardigan dan lain-
lain. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan Safirah Collection CV. Multiguna
yaitu penjualan yang menurun pada produk pakain yang di pasarkan khusus area
Yogyakarta, Solo dan Magelang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengevaluasi dan
merancang strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan volume penjualan di
perusahaan safirah Collection CV. Multiguna. Metode yang digunakan pada penelitian
ini menggunakan metode Analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Hasil dari
penelitian ini yaitu terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemasaran produk
Safirah Collection CV. Multiguna dimana pada faktor internal untuk kekuatan (strength)
seperti bahan baku berkualitas, variasi produk, harga produk terjangkau, lokasi penjualan
strategis, dan pelayangan yang baik. Untuk kelemahan (weakness) meliputi tenaga
pemasaran yang belum optimal, keterbatasan modal, kurangnya promosi, hasil jahitan
yang kurang rapi, dan pengadaan bahan baku. Pada faktor eksternal, untuk peluang
(Opportunity) meliputi perkembangan dunia fashion yang baik, adanya pelanggan setia,
perkembangan teknologi informasi, target pasar yang cukup luas, dan permintaan pasar
yang cukup tinggi. Untuk ancaman (Threat) meliputi pesaing yang terus meningkat,
pergeseran trend fashion, produk import pakaian bekas, persaingan harga produk, dan
kondisi ekonomi dan politik. Posisi bisnis Safirah Collection CV. Multiguna berada di
kuadran 3 atau disebut kuadran ubah strategi. Strategi yang harus dilakukan oleh Safirah
Collection CV. Multiguna dalam mengubah strategi adalah menerapkan strategi WO
(Weakness-Opportunity) dengan arahan strategisnya adalah meminimalkan
permasalahan-permasalahan internal agar dapat memanfaatkan peluang pasar dengan
lebih baik. Safirah Collection CV. Multiguna perlu memperbaiki beberapa elemen model
bisnisnya yaitu menerapkan usulan strategi terhadap delapan elemen Business Model
Canvas (BMC).
Collections
- Industrial Engineering [2321]