Pemenuhan Hak Atas Informasi Konsumen Muslim Terhadap Labelisasi Halal Produk Makanan Cepat Saji Hara Chicken
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak atas informasi konsumen
muslim terhadap labelisasi halal produk makanan cepat saji Hara Chicken dan
tanggung jawab pelaku usaha atas pemenuhan hak atas informasi konsumen
muslim terhadap labelisasi halal produk makanan cepat saji Hara Chicken.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian hukum yuridis normatif. Data penelitian
dikumpulkan dengan cara studi pustaka. Metode pendekatan yang digunakan
adalah metode perundang-undangan. Analisis data dilakukan dengan analisis
deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha Hara
Chicken tidak memenuhi hak-hak konsumen khususnya hak atas informasi. Pelaku
usaha tidak memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk yang dijual
sesuai dengan kenyataannya yaitu terkait pencantuman label halal yang tidak
dilakukan sertifikasi halal. Pelaku usaha juga tidak melaksanakan tanggung jawab
atas kerugian yang dialami oleh konsumen atas tindakan pelaku usaha yang tidak
melakukan sertifikasi halal kepada BPJPH. Penelitian ini menyarankan perlunya
pemahaman yang mendalam oleh pelaku usaha terkait peraturan sertifikasi halal
yang berlaku setelah lahirnya UU JPH; Perlu pengawasan dan penerapan sanksi
yang kuat bagi pelaku usaha yang tidak menjalankan tanggung jawabnya kepada
konsumen yang mengalami kerugian.
Collections
- Law [2504]