Diplomasi Komersial Korea Selatan dalam meningkatkan Ekspor Produk Kecantikan Korea Selatan (K-Beauty) ke Indonesia Tahun 2018-2021
Abstract
Fenomena Korean Wave atau gelombang Korea menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki
oleh Korea Selatan. Dengan berkembangnya fenomena gelombang Korea, dampak yang
dihasilkan dirasakan pada industri-industri lain yang ada di Korea Selatan, salah satunya
adalah industri kecantikan. Korea Selatan memanfaatkan momentum tersebut untuk
berdiplomasi dalam meraih kepentingan nasional sekaligus meningkatkan popularitas
produk kecantikan, di mana salah satu negara yang menjadi tujuan adalah Indonesia.
Penelitian ini menggunakan konsep diplomasi komersial yang dicetuskan oleh
Okano-Heijmans. Dengan menggunakan konsep diplomasi komersial, penelitian ini
menemukan bahwa diplomasi komersial Korea Selatan terhadap Indonesia pada tahun
2018-2022 melibatkan lima aktivitas, yaitu promosi perdagangan berupa penyelenggaraan
festival, promosi investasi berupa kerja sama, advokasi bisnis berupa negosiasi pemerintah
dalam perjanjian bilateral, promosi turisme dengan penyelenggaraan festival, serta promosi
investasi yang bertanggung jawab secara sosial dengan adanya penekanan pada konsep
produk kecantikan yang vegan dan halal. Upaya yang dilakukan Korea Selatan membuat
adanya peningkatan popularitas produk kecantikan Korea Selatan di Indonesia.
Collections
- International Relations [578]