Keterkaitan Self-efficacy, Perfeksionisme, dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Kimia di SMAN 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada atau tidaknya keterkaitan yang
signifikan antara self-efficacy, perfeksionisme, dan kemandirian belajar peserta
didik kelas XI di SMAN 1 Banjarnegara tahun ajaran 2023/2024. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Banjarnegara yang terdiri 10
kelas dengan jumlah 360 peserta didik. Sampel yang digunakan terdiri dari 4 kelas
yaitu XI-5, XI-6, XI-7 dan XI-8 dengan jumlah 138 peserta didik. Teknik sampling
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik
pengambilan data pada penelitian ini adalah non tes dengan instrument berupa
angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi. Penelitian ini
menggunakan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis
yang digunakan yaitu uji statistika non parametrik yaitu uji korelasi Spearman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan antara variabel
self-efficacy dan perfeksionisme di SMAN 1 Banjarnegara tahun ajaran 2023/2024
dengan kategori rendah pada taraf signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi
sebesar 0,358, terdapat keterkaitan antara variabel self-efficacy dan kemandirian
belajar di SMAN 1 Banjarnegara tahun ajaran 2023/2024 dengan kategori sedang
pada taraf signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,542, terdapat
keterkaitan antara variabel perfeksionisme dan kemandirian belajar di SMAN 1
Banjarnegara tahun ajaran 2023/2024 dengan kategori rendah pada taraf
signifikansi sebesar 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,263 dengan tingkat
hubungan positif.
Collections
- Chemistry Education [330]