Stretegi Pengembangan Sikap Religiusitas Siswa Kelas IX oleh Guru Pendidikan Agama Islam Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Pringsurat Kabupaten Temanggung
Abstract
Kurangnya keberhasilan pembelajaran agama Islam disebabkan oleh beberapa
faktor: terbatasnya jam pelajaran, konsep pembelajaran yang hanya fokus pada
hafalan, kurangnya motivasi dari guru mata pelajaran lain, dan peran orangtua
yang kurang. Faktor lingkungan juga berpengaruh, seperti teman sebaya dan latar
belakang keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan empiris melalui
wawancara dan observasi langsung dengan guru, siswa, dan orangtua untuk
mengevaluasi efektivitas strategi pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field
research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
interaktif model. Teknik keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi data.
Untuk informan penelitian adalah Bapak Rupadi Selaku kepala SMP Negeri 1
Pringsurat serta Bapak Ridwan Budi P selaku guru PAI kelas XI, Bapak A
Siswanto selaku guru PAI kelas VIII, Slamet Priyono selaku guru PAI kelas VII,
dan Siswa kelas XI di SMP Negeri 1 Pringsurat. Teknik penentuan informan yang
digunakan adalah purposive sumpling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa para guru di SMP Negeri 1 Pringsurat
menerapkan beberapa strategi, seperti kegiatan rutin "3S" (senyum, salam, sapa),
shalat Duha berjamaah, pembacaan Asmaul Husna setiap pagi, shalat Dzuhur dan
Jumat berjamaah, serta kegiatan keagamaan lainnya. Tujuan dari strategi ini
adalah untuk meningkatkan nilai-nilai religiusitas siswa sesuai dengan visi dan
misi sekolah. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala dan faktor
penghambat dalam penerapan strategi ini.
Collections
- Islamic Education [897]