Implementasi Program Unggulan Kelas "Robotik” dalam Pengembangan Skill dan Kreativitas Siswa Kelas VII dan VIII di MTs N 4 Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi
program unggulan kelas robotik dalam pengembangan skill dan kreativitas siswa
kelas VII dan VII di MTs N 4 Sleman. Untuk menganalisis bagaimana
implementasi program unggulan kelas robotik dalam pengembangan skill dan
kreativitas, maka peneliti memilih menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di MTs N 4 Sleman dengan teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
penelitian ini adalah Waka kurikulum, guru pembimbing dan informan tambahan
yaitu peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan model
Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data atau
penyeleksian data, penyajian data, dan penarikan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini terdapat adanya beberapa yang dapat dihasilkan antara lain: 1)
Program unggulan kelas robotik menjadi salah satu program unggulan kelas yang
dimiliki oleh MTs Negeri 4 Sleman. Kelas unggulan robotik dirancang sebagai
wadah untuk menampung minat dan bakat peserta didik dalam menggali potensi
yang dimiliki oleh siswa 2) Implementasi program unggulan kelas robotik
melibatkan seluruh elemen sekolah mulai dari kepala sekolah, waka kurikulum,
guru pembimbing, hingga peserta didik. 3)
Faktor pendukung dan penghambat implementasi program unggulan kelas
robotik dalam pengembangan skill dan kreativitas siswa kelas VII dan VIII yaitu:
Faktor pendukung: motivasi dan keinginan dari dalam diri siswa, dan minat siswa
terhadap suatu hal. Faktor penghambat: belum adanya ruangan khusus untuk
robotik, alat dan bahan yang kurang memadai, durasi waktu pembelajaran yang
kurang, dan fokus siswa
Collections
- Islamic Education [882]