dc.description.abstract | Keterampilan mengajar merupakan kemampuan guru dalam beberapa aspek pada
pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat memahami ilmu yang diberikan.
Keterampilan mengajar yang dimiliki oleh guru akan menentukan keberhasilan
dalam proses pembelajaran di kelas. UII Ayo Mengajar (UAM) salah satu Lembaga
Dakwah Kampus yang menyediakan wadah bagi mahasiswa yang ingin
mengembangkan kemampuan serta keterampilan mengajar dalam lingkup Taman
Pendidikan Al-Quran (TPA). Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui peran
UAM dalam meningkatkan keterampilan mahasiswa serta apa saja keterampilan
yang meningkat setelah mengikuti UAM tersebut.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research)
di mana peneliti secara sistematis turun langsung ke lapangan untuk mengambil
data yang diperlukan dalam penelitian. Selain itu peneliti juga menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Pada pendekatan penelitian kualitatif umumnya
penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah (natural setting) sehingga sering
disebut juga penelitian naturalistic.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 7 peran program "UII Ayo Mengajar
(UAM)" terhadap pengembangan keterampilan mengajar mahasiswa Universitas
Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, yakni Pertama, Memberikan Pengalaman
Praktik Lapangan yang Mendalam. Kedua, Memberikan Pelatihan Intensif. Ketiga,
Membantu Mengembangkan Soft Skills. Keempat, Sebagai Tempat Dakwah dan
Pembelajaran. Kelima, Membangun Keberanian dan Keterlibatan Aktif Mahasiswa
dalam Menghadapi Santri dan Masyarakat. Keenam, Memperoleh Program
Upgrading Diri. Ketujuh, Memperoleh Pelatihan Pengajar dan Sertifikasi Pengajar.
Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan mengajar
mahasiswa, termasuk membuka dan menutup kelas, mengelola kelas, menjelaskan
materi, dan memberikan penguatan positif. Abstrak ini menyimpulkan bahwa UAM
berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendekatan holistik yang
tidak hanya fokus pada aspek teknis pengajaran, tetapi juga pada pengembangan
karakter dan keterampilan praktis mahasiswa. | en_US |