dc.description.abstract | Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat manusia, yang membimbing
manusia pada jalan kebenaran. Salah satu bentuk dari bimbingan al-Qur’an yakni
bimbingan terkait pendidikan. Seiring berjalannya waktu, pendidikan Islam ikut
tergerus perkembangan zaman, berbagai penyimpangan negatif pada generasi
milenial, menghantui pendidikan saat ini. Di sisi lain adanya berbagai tafsir al- Quran yang banyak mengkaji ayat yang berkenaan tentang pesan - pesan moral
terkait pendidikan yang terkandung dalam al-Quran. Tafsir Al Misbah dipilih
menjadi subjek kajian dikarenakan tafsir yang ditulis oleh Quraish Shihab ini
menggunakan metode tematik kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan atau mengkaji lebih dalam
pesan moral dalam al-Quran, khususnya surah Luqman ayat 12-19. Berdasarkan
kajian tersebut, dijadikan dasar penting mengkaji relevansi pesan - pesan moral
dalam ayat tersebut pada era 4.0. Metode yang digunakan adalah penelitian
pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif dan tafsir tematik. Pendekatan tematik berpusat pada penafsiran tema untuk menjaga fokus
pembahasan. Selain itu penyertaan hadis-hadis maqbulah dan penafsiran para
ulama dijadikan sumber data pendukung untuk memperkuat ayat-ayat yang dikaji. Hasil penelitian menemukan bahwa surah Luqman menyampaikan nilai- nilai penting seperti rasa syukur kepada Allah, kebijaksanaan, penghargaan
terhadap orang tua, serta pentingnya sikap rendah hati. Pesan-pesan ini relevan, terutama dalam menghadapi tantangan era 4.0. Pesan-pesan pendidikan yang
terdapat dalam surah Luqman sangat menekankan pentingnya pendidikan moral
yang tidak hanya berfokus pada pengetahuan akademis, tetapi juga pada
pembentukan karakter yang baik dan bertanggung jawab, serta peran orang tua dalam memberikan bimbingan dan pola asuh yang baik. | en_US |