dc.description.abstract | Hadirnya teknologi di dunia pendidikan merupakan tantangan untuk
meningkatkan mutu pendidikan pada abad ke 21. Begitu juga pada proses belajar
mengajar yang tidak monoton dan membosankan. Namun pada saat sekarang guru
tidak memanfaatkan teknologi yang telah tersedia di sekolah dengan baik serta
dalam menggunakan metode belajar masih monoton atau membosankan. Dengan
demikian tujuan penelitian ini untuk Mengetahui penerapan metode demonstarasi
pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan media lumen5 kelas VI dan
Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode
demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan media lumen5
kelas VI di SDN 01 Tulus Ayu.
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Informan penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru pendidikan
agama islam dan peserta didik kelas VI. Objek penelitian ini berupa penerapan
metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan media
lumen5 kelas VI SDN 01 Tulus Ayu dengan teknik yang digunakan yaitu teknik
purposive sampling serta teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara
dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penerapan metode demonstrasi
dengan media lumen5 pelajaran pendidikan agama islam kelas VI dilakukan dengan
tahap perencanaan yaitu rancangan pelaksanaan pembelajaran, metode dan strategi
pembelajaran. Tahap pelaksanaan yaitu membuat kelompok belajar,
menyampaikan materi, menanyangkan slide video (lumen5), memperagakan materi
dan mengevaluasinya. Tahap evaluasi mencakup evaluasi hasil belajar dan evaluasi
proses pembelajaran. Faktor pendukung berupa guru professional, dukungan orang
tua dan fasilitas sarana prasarana. Serta faktor penghambat yaitu minat belajar
rendah dan jam belajar kurang efektif. | en_US |