Penerapan Program Internship pada Mata Kuliah Perpustakaan dan Literasi Digital dalam meningkatkan Kompetensi Profesional Mahasiswa Progam Studi PAI UII
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini mengharuskan pendidikan untuk mulai
beradaptasi dengan era society 5.0. Pada era society 5.0 ini guru harus menguasai empat
kompetensi inti, yakni kompetensi profesional, kompetensi pedagogis, kompetensi sosial,
dan kompetensi kepribadian. Perwujudan peningkatan salah satu kompetensi, yakni
kompetensi profesional dilakukan di program studi Pendidikan Agama Islam Universitas
Islam Indonesia melalui program internship atau magang. Program ini dilakukan pada
mata kuliah Perpustakaan dan Literasi Digital. Maka melalui penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses dan menganalisis dampak penerapan
program internship dalam meningkatkan kompetensi profesional mahasiswa program
studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan
deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini terdiri dari sekretaris program studi
Pendidikan Agama Islam, dosen pengampu mata kuliah Perpustakaan dan Literasi Digital,
kepala perpustakaan penerima program, beberapa mahasiswa program internship.
Penelitian ini diperoleh dari data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan analisis data interaktif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah Proses penerapan program internship berawal dari
tuntutan kurikulum MBKM dan outcome-based education dari AUN-QA. Dalam
penerapannya, program internship ini dilakukan evaluasi program studi, evaluasi
pembelajaran, hingga evaluasi kelompok internship. Efektivitas pelaksanaan program
internship ini dirasakan oleh mahasiswa dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya.
Collections
- Islamic Education [882]