Konsep Pendidikan Karakter di MTS Yapi Pakem Sleman dalam Perspektif KH Hasyim Asy’ari
Abstract
Penelitian ini dipicuh oleh krisisnya pendidikan karakter dikalangan remaja
yang mudah terpengaruh oleh zaman hal tersebut ditandai dengan maraknya
pergaulan bebas dikalangan remaja sehingga karakter anak bangsa saat ini berubah
menjadi rapuh apabila sikap tersebut semakin membudaya, maka sangat jelas akan
berdampak negative pada remaja serta anak-anak yang masih belajar dalam proses
pembinaan moral agama. Dampak tersebut yang membuat pentingnya suatu
pembentukan karakter yang ditanamkan sejak dini. Penelitian ini juga bertujuan untuk
mendeskripsikan konsep pendidikan karakter di MTs Yapi Pakem Sleman yang
menerapkan pendidikan berbasis karakter tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif untuk mengetahui secara mendalam sebuah proses keterlaksanaan
pendidikan karakter di MTs Yapi Sleman. Adapun data yang diperoleh yakni melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan
metode interaktif langkah reduksi, display, dan verifikasi. Adapun keabsahan datanya
yaitu dengan triangulasi.Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive
sampling dimana penentuan dipertimbangkan atas seseorang yang paling tahu
mengenai objek penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan di MTs Yapi
Pakem Sleman sudah terlaksana pada nilai kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab,
serta pendidikan karakternya sudah cukup baik walaupun masih ada beberapa siswa
yang masih belum berubah. Namun usaha tenaga pendidik dalam meningkatkan
karakter siswa sudah maksimal walaupun masih ada beberapa siswa yang masih perlu
arahan.
Collections
- Islamic Education [882]