Show simple item record

dc.contributor.authorWardah, Ma’unah Wilyah
dc.date.accessioned2024-05-13T02:15:35Z
dc.date.available2024-05-13T02:15:35Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/49137
dc.description.abstractPembelajaran tajwid adalah salah satu cabang dari ilmu yang mempelajari Al- Qur’an yang memiliki sistematika untuk mempermudah dalam memperbaiki bacaan dengan memiliki syarat, tujuan serta fungsi tersendiri. Dengan banyaknya rumus dalam pembelajaran tajwid yang membuat peserta didik kesulitan dalam mengingat, maka dibutuhkan suatu metode. Adanya metode mnemonic menjadi salah satu cara guru untuk mempermudah peserta didik mengingat materi dalam pembelajaran tajwid. Dengan menggunakan metode tersebut peserta didik diharapkan secara lebih mudah mengingat materi yang sudah dipelajari dan menjadi ingatan jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam mengenai implementasi metode mnemonik untuk mempermudah peserta didik dalam mengingat pembelajaran tajwid di lembaga PPIQ program tahsin PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala lembaga PPIQ, tiga guru, dan tujuh peseta didik. Data yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi cara. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif mengikuti konsep Miles, Huberman dan Saldana yaitu kondensasi data, data display, mengcoding data, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mnemonik di PPIQ tingkat tahsin PP Nurul Jadid yaitu sangat baik dan menjadikan peserta didik memiliki ingatan jangka panjang. Dalam penerapan metode mnemonik terdapat beberapa hambatan yang ditemukan. Hambatan yang ada dicarikan solusinya sehingga hambatan-hambatan tersebut dapat teratasi. Secara keseluruhan, proses penerapan metode mnemonik yang diterapkan telah berjalan dengan baik, oleh karena itu bisa disarankan kepada lembaga untuk terus meningkatkan penerapan metode mnemonik pada ilmu tajwid.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Belajaren_US
dc.subjectMnemoniken_US
dc.subjectTajwiden_US
dc.titleImplementasi Metode Mnemonik dalam Pembelajaran Tajwid (Studi Kasus pada Program Tahsin Tingkat Remaja PPIQ PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20422084


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record