dc.description.abstract | Manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan, karena manusia merupakan
bagian dari lingkungan itu sendiri. Permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini
dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Salah satunya adalah sikap yang
mengabaikan kelestarian lingkungan. Penyebab munculnya sikap tersebut terjadi
karena kurangnya penanaman karakter cinta lingkungan oleh lembaga pendidikan.
Dimana di lembaga pendidikan menjadi langkah awal dalam penanaman karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru PAI dalam penanaman
karakter cinta lingkungan kepada peserta didik di MTs Nelgelri 3 Slelman, memahami
kendala guru PAI dalam penanaman karakter cinta lingkungan kepada peserta didik
di MTs Nelgelri 3 Slelman, dan menganalisis solusi yang muncul untuk menghadapi
kendala yang ada.
Penelitian ini menggunakan studi kasus dalam penelitian kualitatif, dengan
subjek penelitian meliputi kepala madrasah, guru akidah akhlak, guru fiqih, guru
al-Qur’anَ Hadis,َ pesertaَ didikَ perempuanَ danَ pesertaَ didikَ laki-laki. Objek
penelitian ini berupa penanaman karakter cinta lingkungan. Pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI dalam penanaman
karakter cinta lingkungan terinspirasi dari ajaran agama Islam dan merupakan
kebijakan dari pemerintah serta madrasah. Guru PAI selalu berinisiatif mencari cara
untuk menanamkan karakter cinta lingkungan kepada peserta didik, baik itu dengan
edukasi, motivasi, ataupun memberikan contoh secara langsung. Penanaman
karakter cinta lingkungan di MTs Negeri 3 Sleman sudah terlaksana namun belum
maksimal, karena masih terdapat beberapa kendala dalam melaksanakan
penanaman karakter cinta lingkungan dimana kendala tersebut menjadi tantangan
bagi guru PAI. Untuk menghadapi kendala yang ada, maka pihak madrasah dan
guru PAI mencari solusi yang tepat serta menjadi evaluasi guna untuk
mengembangkan penanaman karakter cinta lingkungan di MTs Negeri 3 Sleman. | en_US |