Pengaruh Breastfeeding Education Berbasis Home-Based Intervention Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil di Puskesmas Godean Ii
Abstract
Latar Belakang: Presentase pemberian ASI Ekslusif pada bayi 0-6 bulan di
Kabupaten Sleman masih dibawah targ2et Kabupaten Sleman yaitu 84%. Salah
satu faktor yang memiliki peran paling penting dalam pemberian ASI Ekslusif
adalah pengetahuan ibu tentang Asi Ekslusif. Rendahnya pemberian ASI Ekslusif
disebabkan karena kurangnya pengetahuan. Ketidaktahuan ibu tentang cara
menyusui yang baik dan benar akan berdampak pada pemberian ASI Ekslusif
yang terganggu.
Tujuan Penelitian: Mengukur efektivitas pemberian breastfeeding education
berbasis home based intervention untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil di
Puskesmas Godean 2 Sleman Yogyakarta.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental
dengan menggunakan desain one group pretest postest design. Penelitian ini
menggunakan data primer 20 responden yang didapat menggunakan teknik
insidental sampling. Analisis bivariat dilakukan dengan uji Wilcoxon SPSS 23.
Hasil: Berdasarkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukkan bahwa
pemberian intervensi berupa pendidikan menyusui prenatal berbasis rumah
dengan melakukan pemberian edukasi berupa leaflet, e-leaflet, dan video
edukasi dapat meningkatkan pengetahuan ibu secara signifikan (p-value =
0.046).
Simpulan: Pendidkan menyusui prenatal berbasis rumah (home-based
intervention) efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil.
Collections
- Medical Education [2358]