Show simple item record

dc.contributor.authorAdhiba, Ana Naila
dc.date.accessioned2024-05-08T02:24:33Z
dc.date.available2024-05-08T02:24:33Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48987
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubugan antara regulasi diri dalam belajar dengan pola asuh orang tua pada siswa SMA di pondok pesantren. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif antara pola asuh orang tua dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA di pondok pesantren. Skala yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : a) Skala Regulasi Diri Dalam Belajar yang disusun oleh Saraswati (2018) berdasarkan teori Self Regulated Learning milik Boekaerts (2000). Skala ini terdiri dari 3 aspek, yakni kognitif, performance, self reflection. Total aitem pada skala ini sebanyak 38 aitem. b) Scale of Parenting Style yang disusun oleh Gafoor & Kurukkan (2014). Data penelitian dianalisis dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang siginifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan pola asuh siswa SMA yang tinggal di pondok pesantren. Uji korelasi menggunakan teknik non- parametrik Spearman’s rho, menunjukkan bahwa variabel regulasi diri dalam belajar dengan dimensi responsiveness variabel pola asuh memiliki nilai r = -0.397 dan nilai p = 0.000. Uji korelasi variabel self regulated learning dengan dimensi demandingness variabel pola asuh memiliki nilai r = -0.348 dan nilai p = 0.000. Hal tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi negatif, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis ditolak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPola Asuhen_US
dc.subjectRegulasi Diri Dalam Belajaren_US
dc.subjectPondok Pesantrenen_US
dc.titleHubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Regulasi Diri dalam Belajar Pada Siswa SMA di Pondok Pesantrenen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17320244


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record