Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Regulasi Diri dalam Belajar Pada Siswa SMA di Pondok Pesantren
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubugan antara regulasi diri
dalam belajar dengan pola asuh orang tua pada siswa SMA di pondok pesantren.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif
antara pola asuh orang tua dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA di
pondok pesantren. Skala yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : a) Skala
Regulasi Diri Dalam Belajar yang disusun oleh Saraswati (2018) berdasarkan teori
Self Regulated Learning milik Boekaerts (2000). Skala ini terdiri dari 3 aspek, yakni
kognitif, performance, self reflection. Total aitem pada skala ini sebanyak 38 aitem.
b) Scale of Parenting Style yang disusun oleh Gafoor & Kurukkan (2014). Data
penelitian dianalisis dengan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan terdapat
hubungan yang siginifikan antara regulasi diri dalam belajar dengan pola asuh siswa
SMA yang tinggal di pondok pesantren. Uji korelasi menggunakan teknik non-
parametrik Spearman’s rho, menunjukkan bahwa variabel regulasi diri dalam
belajar dengan dimensi responsiveness variabel pola asuh memiliki nilai r = -0.397
dan nilai p = 0.000. Uji korelasi variabel self regulated learning dengan dimensi
demandingness variabel pola asuh memiliki nilai r = -0.348 dan nilai p = 0.000. Hal
tersebut menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi negatif, sehingga dapat
ditarik kesimpulan bahwa hipotesis ditolak.
Collections
- Psychology [2228]