dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi niat dan sikap pengguna dalam mengadopsi mobile payment secara
berkelanjutan khususnya pada generasi Z di Yogyakarta dengan menggunakan
Unified Theory Acceptance and Use of Technology (UTAUT) dan Theory
Acceptance Model (TAM). Data diperoleh dari 902 generasi Z di Yogyakarta yang
menggunakan aplikasi mobile payment. Analisis model persamaan struktural–
Partial Least Square (SEM-PLS) dilakukan untuk menganalisis hubungan antar
variabel dan menguji seluruh hipotesis. Hasilnya membuktikan bahwa consumer
attitude, behavioral intention, dan consumer engagement memiliki pengaruh
signifikan terhadap keputusan generasi Z untuk menggunakan layanan mobile
payment secara berkelanjutan. Dari seluruh hipotesis yang diajukan terdapat empat
hipotesis yang ditolak, yaitu persepsi risiko pada sikap pengguna, persepsi
kemudahan penggunaan, persepsi keamanan, dan persepsi biaya pada niat
mengadopsi mobile payment. Penelitian ini memiliki potensi untuk memberikan
kontribusi yang berharga dalam memahami perkembangan dan perubahan yang
terjadi dalam penggunaan mobile payment. Pada akhirnya dapat memberikan
pandangan kepada penyedia layanan untuk meningkatkan sistem mereka guna
memengaruhi sikap dan niat pengguna dalam mengadopsi mobile payment
secara berkelanjutan. | en_US |