dc.description.abstract | Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) telah banyak diadopsi dalam perguruan
tinggi untuk mengajarkan konsep-konsep bisnis terintegrasi. Namun, memastikan efektivitas
pembelajaran ERP masih menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran ERP berbasis SAP di Universitas
Islam Indonesia. Berdasarkan teori embodied learning, penelitian ini mengajukan hipotesis
bahwa keterlibatan fisik, tingkat kesesuaian, persepsi imersi, motivasi, dan dukungan teknologi
berpengaruh positif terhadap efektivitas pembelajaran ERP. Pendekatan kuantitatif dengan
metode survei digunakan untuk mengumpulkan data dari 371 mahasiswa di 6 program studi
yang telah mengambil mata kuliah ERP. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa
keterlibatan fisik, tingkat kesesuaian, motivasi, dan dukungan teknologi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap efektivitas pembelajaran ERP. Namun, persepsi imersi berhubungan
negatif signifikan dengan efektivitas pembelajaran. Temuan ini memberikan wawasan dalam
merancang kurikulum ERP dengan meningkatkan partisipasi aktif, menyelaraskan materi
dengan fitur perangkat lunak, memupuk motivasi, dan memastikan infrastruktur teknologi
untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran ERP. Eksplorasi kualitatif lebih lanjut
direkomendasikan untuk melengkapi penelitian ini. Penelitian ini berkontribusi pada diskursus
pembelajaran berbasis teknologi yang sedang berlangsung di perguruan tinggi. | en_US |