Pengembangan Media Pembelajaran Active Learning Darbuka Learning Arabic (UNIC) pada Lalaran di Pondok Pesantren Inayatullah Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran active
learning Darbuka Learning Arabic (UNIC) pada lalaran dan mengetahui kelayakan
serta implementasi media pembelajaran. Materi lalaran yang digunakan pada
media pembelajaran yaitu matan alfiyah ibn malik bait 1 sampai 100.
Pengembangan media pembelajaran Darbuka Learning Arabic (UNIC)
dijalankan menggunakan prinsip Research and Development (R&D) dengan
pendekatan model ADDIE. Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari; (1) analyze,
(2) design, (3) develop, (4) implement, (5) evaluate. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket. Uji kelayakan oleh ahli (expert judgement) yaitu 2 ahli
media, 2 ahli materi, 2 dan santri. Teknik penilaian media menggunakan
menggunakan skala likert 4 interval. Responden adalah santri Pondok Pesantren
Inayatullah pada uji coba lapangan skala kecil 12 santri dan uji coba skala besar 30
siswa.
Hasil menunjukan kategori sangat layak yang dibuktikan dengan harga
koefisien 1 pada uji coba ahli media. Hasil menunjukan kategori sangat layak yang
dibuktikan dengan harga koefisien 1 pada uji coba ahli materi. Hasil menunjukan
kategori sangat layak yang dibuktikan dengan nilai koefisien 0,928 pada uji coba
praktisi ahli. Uji coba lapangan meliputi uji lapangan skala kecil dan skala besar.
Uji coba 12 responden memperoleh kategori layak yang dibuktikan dengan skor
rata-rata 41 pada uji coba skala kecil. Sedangkan uji coba 30 responden
memperoleh kategori layak yang dibuktikan dengan skor rata-rata 41,9 pada uji
coba skala besar.
Collections
- Islamic Education [914]