dc.description.abstract | Dalam transaksi jual-beli sering kali konsumen memperoleh produk yang tidak
sesuai dengan nilai gizi yang tertera pada kemasan. Pemberian informasi nilai gizi
terhadap produk pangan memiliki peranan yang penting dalam terwujudnya keamanan
pangan bagi konsumen dan jaminan atas informasi yang benar. Permasalahan yang
diteliti dalam penelitian ini adalah mengenai perlindungan konsumen terhadap
pemberian label gizi yang tidak sesuai dengan mutu produk pangan olahan. Penelitian
ini menggunakan penelitian normatif, yang difokuskan untuk mengkaji penerapan
norma-norma hukum positif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan Perundang-Undangan Pendekatan konseptual, dan pendekatan kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaku usaha masih belum memperhatikan dan
terjadi ketidaksesuaian terkait hak atas informasi dan kenyataan. Pelaku usaha yang
tidak memberikan informasi yang jelas dan benar kepada konsumen terkait kandungan
yang terdapat dalam makanan yang diproduksinya sehingga pelaku usaha melanggar
ketentuan yang berada pada Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen.
Konsumen yang merasa dirugikan oleh pelaku usaha akibat isi kandungan pada label
tidak sesuai dengan mutu produk maka Pelaku usaha dapat dimintai pertanggung
jawaban. Pelaku usaha sebagaimana tercantum dalam Pasal 19 Undang-Undang
Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen bertanggung jawab
memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen
akibat mengkonsumsi barang yang dihasilkan atau diperdagangkan berupa
pengembalian uang atau penggantian barang yang sejenis atau setara nilainya.
Konsumen yang merasa dirugikan dapat melakukan upaya hukum sesuai dengan
penyelesaian sengketa melalui pengadilan atau diluar pengadilan. Pemberian label
informasi harus memenuhi hak atas informasi yang telah tercantum dalam Undang-
Undang Perlindungan Konsumen Oleh sebab itu dengan adanya label informasi yang
telah diberikan oleh pelaku usaha, konsumen bisa memanfaatkannya untuk
mengetahui terkait informasi mengenai produk yang akan dibelinya | en_US |