Show simple item record

dc.contributor.authorSulistiawati, Rini
dc.date.accessioned2024-04-30T02:14:46Z
dc.date.available2024-04-30T02:14:46Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48753
dc.description.abstractProyek Pembangunan Elevated Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso Fase 1 merupakan proyek konstruksi Elevated Jalur Ganda Kereta Api yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perekeretaapian di Indonesia sesuai dengan Kegiatan Rencana Strategis Tahun 2020-2024 yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian. Proyek ini dibangun di ruas Kadipiro – Solo Balapan yang bersimpangan sebidang pada Simpang 7 Joglo yang merupakan simpang terpadat di Kota Surakarta, yang menghubungkan 7 arah tujuan dan jalur kereta api. Pada penelitian ini terdapat 89 titik bor yang terbagi kedalam 4 titik pilar, yaitu P9, P10, P11 dan P12. Masing-masing titik pilar memiliki kedalaman borepile yang berbeda yakni pada P9 sedalam 22 m, P10 sedalam 43 m, P11 sedalam 42 m, dan P12 sedalam 26 m. Kapasitas dukung tiang diteliti dengan menggunakan variasi dimensi 1,3 m, 1,5 m, dan 1,8 m. Analisis kapasitas dukung aksial menggunakan metode Reese & Wright dan metode Meyerhorff. Analisis kapasitas dukung lateral menggunakan metode Broms dan Reese & Matlock yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variasi dimensi terhadap kapasitas dukung tiang bor. Hasil analisis kapasitas dukung kelompok tiang bor metode Reese & Wright diameter 1,3 m, 1,5 m, 1,8 m (kedalaman tiang 26 m), diperoleh masing-masing sebesar 159867 kN, 17042 kN, 153729 kN lebih besar dari P = 78503,60 kN. Untuk metode Meyerhorff dengan diameter 1,3 m, 1,5 m, 1,8 m (kedalaman 26 m), diperoleh masing-masing sebesar 176954 kN, 182367 kN, 176574 kN lebih besar dari P = 78503,60 kN. Metode Meyerhorff berdasarkan data laboratorium sebesar 16166,7 kN, 15509,2 kN, 12199,7 kN lebih besar dari P = 78503,60 kN, maka pondasi aman untuk digunakan. Kapasitas dukung lateral Metode Broms diperoleh nilai masing-masing sebesar 815,021 kN, 706,899 kN, 635,619 kN, Metode Reese & Matlock diperoleh nilai masing-masing sebesar 508,395 kN, 706,899 kN, 762,743 kN, nilai kapasitas lateral memenuhi syarat dengan defleksi izin berkisar anatar 6 mm – 18 mm.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPondasi Tiangen_US
dc.subjectKapasitas Dukung Aksialen_US
dc.subjectKapasitas Dukung Lateralen_US
dc.subjectPenurunanen_US
dc.titleAnalisis Daya Dukung Tanah pada Pondasi Jembatan Fly Over Pier 12 (Analysis Of Soil Bearing Capacity On The Foundation Of The Fly Over Bridge Pier 12) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Elevated Jalur Ganda KA Solo – Semarang Fase 1)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19511134


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record