Analisis Daya Dukung Tanah pada Pondasi Jembatan Fly Over Pier 12 (Analysis Of Soil Bearing Capacity On The Foundation Of The Fly Over Bridge Pier 12) (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Elevated Jalur Ganda KA Solo – Semarang Fase 1)
Abstract
Proyek Pembangunan Elevated Jalur Ganda Kereta Api Solo Balapan – Kalioso Fase 1
merupakan proyek konstruksi Elevated Jalur Ganda Kereta Api yang bertujuan untuk meningkatkan
kualitas perekeretaapian di Indonesia sesuai dengan Kegiatan Rencana Strategis Tahun 2020-2024
yang sedang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian.
Proyek ini dibangun di ruas Kadipiro – Solo Balapan yang bersimpangan sebidang pada Simpang 7
Joglo yang merupakan simpang terpadat di Kota Surakarta, yang menghubungkan 7 arah tujuan dan
jalur kereta api.
Pada penelitian ini terdapat 89 titik bor yang terbagi kedalam 4 titik pilar, yaitu P9, P10,
P11 dan P12. Masing-masing titik pilar memiliki kedalaman borepile yang berbeda yakni pada P9
sedalam 22 m, P10 sedalam 43 m, P11 sedalam 42 m, dan P12 sedalam 26 m. Kapasitas dukung
tiang diteliti dengan menggunakan variasi dimensi 1,3 m, 1,5 m, dan 1,8 m. Analisis kapasitas
dukung aksial menggunakan metode Reese & Wright dan metode Meyerhorff. Analisis kapasitas
dukung lateral menggunakan metode Broms dan Reese & Matlock yang bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar pengaruh variasi dimensi terhadap kapasitas dukung tiang bor.
Hasil analisis kapasitas dukung kelompok tiang bor metode Reese & Wright diameter 1,3
m, 1,5 m, 1,8 m (kedalaman tiang 26 m), diperoleh masing-masing sebesar 159867 kN, 17042 kN,
153729 kN lebih besar dari P = 78503,60 kN. Untuk metode Meyerhorff dengan diameter 1,3 m,
1,5 m, 1,8 m (kedalaman 26 m), diperoleh masing-masing sebesar 176954 kN, 182367 kN, 176574
kN lebih besar dari P = 78503,60 kN. Metode Meyerhorff berdasarkan data laboratorium sebesar
16166,7 kN, 15509,2 kN, 12199,7 kN lebih besar dari P = 78503,60 kN, maka pondasi aman untuk
digunakan. Kapasitas dukung lateral Metode Broms diperoleh nilai masing-masing sebesar 815,021
kN, 706,899 kN, 635,619 kN, Metode Reese & Matlock diperoleh nilai masing-masing sebesar
508,395 kN, 706,899 kN, 762,743 kN, nilai kapasitas lateral memenuhi syarat dengan defleksi izin
berkisar anatar 6 mm – 18 mm.
Collections
- Civil Engineering [4258]