Analisis Determinan Minat dalam Adopsi Aplikasi Pencatatan Transaksi pada Umkm di Jawa Tengah
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memegang peran yang sangat krusial
dalam kesuksesan ekonomi jangka panjang Indonesia. Meskipun memiliki
kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian nasional, sebagian besar
UMKM menghadapi tantangan yang tidak ringan. Kendala modal, menjadi faktor
utama yang mempengaruhi perkembangan UMKM. Kurangnya kemampuan dalam
manajemen keuangan juga diidentifikasi sebagai penyebab rendahnya tingkat
pinjaman yang diterima oleh UMKM di Indonesia. Aplikasi pencatatan transaksi
dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat adopsi aplikasi
pencatatan transaksi pada UMKM di Jawa Tengah. Teori yang diterapkan pada
penelitian ini adalah UTAUT2 yang terdiri dari performance expectancy, effort
expectancy, social influence, hedonic motivation, facilitating conditions, dan
hedonic motivations. Terdapat variabel tambahan pada penelitian ini yaitu
perceived trust. Metode sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah
purposive sampling, dengan kriteria sampel yaitu UMKM di Jawa Tengah yang
mengetahui tentang aplikasi pencatatan transaksi. Berdasarkan kriteria tersebut,
jumlah responden yang di dapat adalah 210 responden. Pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan metode SEM-PLS. Temuan dari penelitian ini menunjukkan
bahwa effort expectancy dan social influence tidak memiliki pengaruh terhadap
behavioural intention. Sedangkan, performance expectancy, hedonic motivation,
facilitating conditions, hedonic motivations dan perceived trust berpengaruh positif
secara signifikan terhadap behavioural intention.
Collections
- Akuntansi [4660]