Show simple item record

dc.contributor.authorIrawan, Tezar
dc.date.accessioned2024-04-29T04:01:51Z
dc.date.available2024-04-29T04:01:51Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48718
dc.description.abstractCV. Putra Mobil Balikpapan merupakan salah satu showroom mobil bekas yang ada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Showroom ini melayani jual beli mobil bekas, dalam proses bisnis tersebut terdapat data-data penting yang harus dicatat oleh pemiliknya seperti data mobil, data transaksi, data dokumen, dan data pegawai. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan penulis, dalam melakukan pencatatan semua data tersebut pemilik showroom masih menggunakan metode pencatatan manual. Dalam penerapannya pemilik showroom mengalami beberapa kendala seperti data mobil yang harusnya tercatat agar tidak keliru dalam menentukan harga jual mobil masih mengandalkan ingatan pemilik showroom, data transaksi menggunakan nota sehingga mudah hilang dan sulit untuk dicari, data dokumen dicatat dalam buku sehingga sulit dibawa dan sulit untuk memastikan kelengkapan dokumen, tidak melakukan pencatatan data pegawai, dan tidak ada satupun laporan penjualan dalam proses bisnis yang dijalani selama ini. Dengan demikian, dibutuhkan peran teknologi informasi dalam kegiatan manajemen untuk membantu pemilik dalam melakukan proses bisnisnya. Sistem Informasi Manajamen Showroom Mobil Bekas dalam pengembangannya menggunakan metode Prototyping dan dikembangangkan dengan bahasa pemrograman PHP dengan framework Sublime Text 3 sebagai back-end, framework Bootstrap sebagai front-end, dan MySQL sebagai database sistem. Dalam pengujian sistem, metode yang digunakan untuk pengujian fungsional yaitu metode Black-box Testing dan pengujian usabilitas menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menggunakan kuisioner yang diberikan kepada beberapa perwakilan responden. Sistem Informasi Manajemen Showroom Mobil Bekas yang telah dikembangkan memiliki tiga tipe pengguna yaitu owner, admin, dan pegawai dimana masing-masing pengguna memilik hak akses halaman yang berbeda. Di dalam sistem terdapat beberapa fitur ,seperti halaman utama yang menampilkan laporan banyaknya mobil yang tersedia, banyaknya mobil yang terjual, dan jumlah pegawai, manajemen transaksi, manajemen mobil, manajemen dokumen, manajemen pegawai, dan halaman laporan yang menampilkan laporan pendapatan sesuai tanggal transaksi dalam satu bulan dalam bentuk grafik dan laporan penjualan setiap brand mobil dalam bentuk diagram. Pada pengujian fungsional menggunakan metode Black- box Testing yang dilakukan oleh pemilik showroom, disimpulkan bahwa setiap fungsi dan skenario penggunaan sistem berjalan dengan baik. Pada pengujian SUS, sistem ini mendapatkan hasil yang baik dengan total nilai 87,25 . Disimpulkan bahwa sistem yang dibuat termasuk kategori Acceptable dari segi acceptability, mendapat nilai A dari segi grade scale, dan termasuk kategori Best Imaginable dari segi adjective rating. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi Manajemen Showroom Mobil Bekas memiliki tingkat usability yang baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBlack Box Testingen_US
dc.subjectPrototypingen_US
dc.subjectShowroom Mobil Bekasen_US
dc.subjectSistem Informasi Manajemenen_US
dc.subjectUsability Testingen_US
dc.titleSistem Informasi Manajemen Showroom Mobil Bekas (Studi Kasus: CV. Putra Mobil Balikpapan)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523169


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record